7 Sifat Penting yang harus dimiliki oleh Pemimpin

Jika anda sebagai pemimpin maka anda tidak boleh meninggalkan 7 Sifat Penting Yang Harus dimiliki sebagai Seorang Pemimpin yaitu : 

1. Sifat rendah hati
Pada hakikatnya kedudukan pemimpin itu tidak berbeda dengan kedudukan yang dipimpin. Ia bukan orang yang harus terus di istimewakan. Ia hanya sekedar orang yang harus didahulukan selangkah dari yang lainnya karena ia mendapatkan kepercayaan dalam memimpin dan mengemban amanat. 

2. Sifat terbuka untuk dikritik 
Seorang pemimpin haruslah menanggapi aspirasi-aspirasi umat dan terbuka untuk menerima kritik-kritik sehat yang membangun dan konstruktif. 

3. Sifat jujur dan memegang amanah 
Kejujuran yang dimiliki seorang pemimpin merupakan simpati umat terhadapnya yang dapat membuahkan kepercayaan dari seluruh amanat yang telah diamanahkan.

4. Sifat berlaku adil 
Keadailan adalah konteks real yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Keadilan bagi manusia tidak ada yang relatif. Islam meletakkan soal penegakan keadilan itu sebagai sikap yang esensial. 

5. Komitmen dalam perjuangan. 
Sifat pantang menyerah dan konsisten pada konstitusi bersama bagi seorang pemimpin adalah penting.

6. Bersikap Musyawarah 
Dalam term ini pemimpin tidak sembarang memutuskan sebelum adanya musyawarah diantara orang-orang disekelilingnya dan umat. 

7. Berbakti dan mengabdi kepada Tuhan 
Dalam hidup ini segala sesuatunya takkan terlepas dari pandangan Tuhan, manusia bisa berusaha semampunya dan sehebat-hebatnya namun yang menentukannya adalah Tuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MERANCANG DAN MENGELOLA JASA

SOAL MANAJEMEN OPERASI

Ceteris Paribus, Fallacy Of Composition dan Pernyataan Ilmu Ekonomi Yang Berakar Dari Kebutuhan Manusia