SOAL MANAJEMEN OPERASI


Soal
1. Jelaskan definisi tentang ISO 9000 dan ISO 14000. Lalu apa saja manfat bagi perusahaan jikA perusahaan mendapat ISO 9000 dan ISO 14000
2. Faktor-faktor apa saja yang membuat sebuah perusahaan layak mendapatkan sertifikasi ISO 9000 dan 14000?
3. Analisis BEP mempunyai beberapa fungsi yang bisa kita manfaatkan. Jelaskan fungsi-fungsi tersebut
4. Sebutkan tujuh konsep yang diperlukan untuk program TQM yang efektif!

Jawaban
1.    a. ISO 9000 adalah kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu (SMM). ISO 9000 yang dirumuskan oleh TC 176 iso , yaitu organisasi internasional di bidang standardisasi. ISO 9000 pertama kali dikeluarkan pada tahun 1987 oleh (ISO/TC). ISO 9000 merupakan dokumen standar yang dapat diterapkan pada hampir keseluruhan kegiatan bisnis karena standar ISO-9000 dapat dipakai sebagai pedoman untuk desain manufakturing, penjualan, dan pelayanan untuk produk baik barang maupun jasa.
b. Sedangkan ISO 14000 adalah kumpulan standar-standar terkait pengelolaan lingkungan yang disusun untuk membantu organisasi untuk: mematuhi peraturan perundangan-undangan dan persyaratan-persyaratan berorientasi lingkungan yang berlaku; memperbaiki hal-hal di atas secara berkelanjutan. 
c. Manfaat Bagi Perusahaan Jika Perusahaan Mendapat ISO 9000 dan ISO 14000
1. Aspek Kuangan   
a.)  fisik --> meminimalkan dampak lingkungan --> operasional dan perawatan gedung, penggunaan dana untuk merusak lingkungan baik langsung maupun tak langsung 
b.)  virtual --> membangun rasa saling percaya bila perusahaan mengetahui penggunaan dana untuk tujuan melindungi lingkungan, teratur, disiplin, meningkatkan motivasi kerja karyawan. 
2. Aspek Manufaktur           
·  fisik --> meminimalkan dampak lingkungan lewat PP, DfE, Product Stewardship, dst., meminimalkan dampak kesehatan dan keselamatan pekerja.
·  virtual --> meningkatkan motivasi kerja, keteraturan, kedisiplinan, dan kepercayaan karyawan dan nterested parties terhadap apa yang dilakukan perusahaan. Imej bisa diarahkan pada pembentukan celah pasar / segmen pasar baru. 

2.        Faktor yang membuat perusahaan layak mendapatkan sertifikasi iso 9000 dan 14000 adalah :
a.  Persyaratan Pelanggan : perusahaan layak mendapatkan sertifikasi iso 9000 dan 14000 jika segala ketentuan dan persyaratan telah terpenuhi dan dari lembaga penilai dinyatakan layak untuk mendapatkan sertifikasi.
b. Komitmen Perlindungan lingkungan hidup dan konservasi : faktor ini juga mendukung perusahaan layak mendapatkan iso 9000 dan 14000, dengan komitmen perlindungan lingkungan hidup dan konservasi yang dilakukan perusahaan maka akan mengindikasikan bahwa perusahaan layak mendapatkan isi=o 9000 dan 14000.
c. Pengurangan Dampak Risiko : perusahaan juga perlu melakukan komitmen pengurangan terhadap dampak risiko perusahaan, karena perusahaan yang layak dan baik adalah perusahaan yang tidak hanya dapat mengatasi risiko tetapi yang dapat mengurangi dampak risiko juga.
d. Citra Perusahaan : Citra perusahaan juga hal yang krusial dalam kelayakan perusahaan mendapatkan sertifikai iso, karena citra perusahaan sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas serta nama baik perusahaan. maka hal ini menjadi faktor yang membuat perusahaan layak mendapatkan iso 9000 dan 14000.
e. Komitmen Terhadap Kualitas : kualitas merupakan perjuangan bagi perusahaan yang ingin memperoleh sertifikasi iso 9000 dan 14000. Perusahaan harus komitmen terhadap kualitas perusahaan nagi sdm, produk ataupun yang lainnya.

3.        Fungsi analisis BEP yang bisa kita manfaatkan adalah :
a. Alat Perencanaan Untuk Menghasilkan Laba : analisis bep dapat kita manfaatkan untuk mengitung laba, jika kita memiliki usaha maka sangat relevan untuk menggunakan perhitungan ini.
b. Memberikan informasi mengenai tingkat volume penjualan serta hubunganya dengan kemungkinan memperoleh laba menurut tingkat penjualan yang bersangkutan.
c.  Mengevaluasi Laba Dari Perusahaan Secara Keseluruhan : dengan analisis bep kita dapat mengevaluasi laba perusahaan secara keseluruhan.
d.    Mengganti sistem laporan yang tebal dengan grafik yang mudah di baca dan dimengerti.

4.        Tujuh Konsep Yang Diperlukan Untuk Program TQM Yang Efektif :
a. Perbaikan Berkesinambungan : TQM membutuhkan perbaikan kesinambungan yang tidak pernah berhenti yang mencakup orang, peralatan, pemasok, bahan dan prosedur
b.   Six Sigma : program untuk menghemat waktu, meningkatkan kualitas dan menurunkan biaya.
c.  Pemberdayaan Pekerja : membina jaringan komunikasi yang melibatkan pekerja, membentuk para pekerja yang bersikap terbuka dan mendukung
d.  Benchmarking : pemilihan standar kinerja yang mempresentasikan kinerja terbaik dari sesuatu proses atau aktivitas
e.   Just In Time : perbaikan berkesinambungan dan penyelesaian masalah yang di konsepkan pada saat barang di produksi dan diantarkan saat mereka dibuthkan.
f.    Konsep Taguchi L bertujuan memperbaiki kualitas produk dan proses.
g.  Perangkat Manajemen Kualitas Total : lembar periksa, diagram sebab akibat, diagram pareto, diagram alir, histogram dan SPC.


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Hallo kak, bisa minta tolong. kalau boleh kirim pembahasan no.5 kak ke email msafei451@gmail.com . terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MERANCANG DAN MENGELOLA JASA

Ceteris Paribus, Fallacy Of Composition dan Pernyataan Ilmu Ekonomi Yang Berakar Dari Kebutuhan Manusia